Kiat dan Strategi Mencari Kerja dan Berkarier di Institusi/Perusahaan Internasional

Wednesday, February 17, 2010



 

Kiat dan Strategi Sukses Mencari Kerja dan Berkarier di Institusi/Perusahaan Internasional


Berkarier di Institusi/Perusahaan Internasional Berkarir di institusi internasional sangat menjanjikan, baik dari sisi jenjang karir maupun penghargaan (gaji, fasilitas, dan lain-lain). Metode konvensional seperti mencari informasi lowongan kerja di koran dan mengirimkan lamaran sebanyak-banyaknya ke berbagai institusi tanpa strategi terbukti kurang efektif di era kompetitif seperti sekarang ini.
 
Terdapat berbagai strategi non-konvensional dalam pencarian kerja, di antaranya mengikuti program internship (magang) sewaktu menempuh kuliah, menerima tawaran kerja part time, short-term maupun freelance di institusi yang kita inginkan. Dengan demikian kita bisa lebih dikenal dan mengenal institusi tersebut lebih dalam, dan jika performa kerja kita prima, maka kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan dengan jenis kontrak yang lebih permanen atau berjangka panjang akan lebih terbuka lebar.

Berdasarkan fakta dan penelitian:

  • Lebih dari 70% pekerjaan diisi oleh kandidat internal (alias 'orang dalam')
  • Lebih dari 50% karyawan mendapatkan pekerjaan yang lowongannya tidak pernah diiklankan
  • 70% – 80% pekerjaan diperoleh melalui jejaringan (networking), dan hanya 5% dari iklan lowongan dan pameran bursa kerja.
 
Berikut ini 5 Tips untuk Sukses Berkarier Internasional:

1) Dalam menyusun surat lamaran, tonjolkan 'unique selling points' yang membedakan Anda dari kandidat lainnya.
2) Hindari mengirimkan surat lamaran tipe 'one size fits all' alias generik. Susunlah surat lamaran yang spesifik untuk posisi yang dilamar dan merespon kebutuhan institusi atau perusahaan, serta menjelaskan kemungkinan kontribusi apa saja yang dapat Anda tawarkan bagi mereka.
3) Susunlah reputasi online Anda. Hindari mem-posting hal-hal yang negatif mengenai rekan kerja, kantor, office politics, ataupun informasi yang terlalu pribadi pada situs jejaringan sosial (Facebook, Twitter, Friendster, atau lainnya) dan juga blog Anda. 
4) Andalkan jejaringan dalam memperoleh kesempatan kerja di institusi yang menarik bagi Anda. Jejaringan ini dapat dibangun melalui berbagai cara, salah satunya dengan mengikuti program magang (internship), volunteering, ataupun kerja part time di industry atau institusi yang ingin Anda geluti.
5) Promosikan diri tiap ada kesempatan dan sampaikan bragologue Anda dengan percaya diri.
 
Sebuah buku yang berjudul 'Rahasia Sukses Berkarier Internasional (Rasberi)' yang diterbitkan oleh PT. Gramedia Pustaka Utama menjelaskan kelima kiat di atas dan juga 10 kiat lainnya. 

Buku ini diperkaya dengan sintesa hasil observasi langsung di institusi PBB (United Nations), wawancara, dan referensi dari berbagai sumber. Terdapat juga berbagai contoh CV, surat lamaran, negosiasi, yang semuanya dalam bahasa Inggris. sehingga applicable dan bisa langsung dijadikan acuan untuk menyusun lamaran Anda ke institusi/perusahaan yang diidamkan.
 

Buku ini patut menjadi bacaan bagi:

- Para profesional dari tanah air, baik profesional mid-karir maupun fresh graduates.

Para pelajar tingkat SMP, SMU, dan universitas yang ingin mempersiapkan pendidikan untuk kariernya di institusi internasional

- Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan dosen yang berniat untuk memperoleh pekerjaan atau proyek pada institusi internasional

- Para guru, dosen wali, konselor pendidikan, yang berniat untuk membimbing murid atau  mahasiswa/i mereka untuk berkarier di institusi internasional

- Para karyawan yang ingin mencari alternatif kerja lain untuk meningkatkan karier dan pendapatan

- HRD, manajer, dan pegawai institusi dan perusahaan internasional

- Ibu rumah tangga yang ingin kembali memasuki dunia kerja saat ini yang kian kompetitif

- Para orang tua yang peduli dengan masa depan karier anak-anaknya di era kompetisi global


Kunjungi website
www.ArethaAprilia.com untuk informasi lebih lanjut dan mengakses berbagai resources yang bisa diunduh secara GRATIS!


0 comments:

Post a Comment

 
 
Copyright © Blog Job vacancy